Pariwisata

Ini Dia 5 Tol Atas Laut yang Ada di Dunia

  1. Jembatan Tol Jiaozhou Bay

img 
 
Jembatan tol ini resmi dibuka oleh pemerintah China pada 30 Juni 2011. Jembatan tol ini diberi nama Jiaozhou Bay Bridge, berlokasi di Qingdao, China timur Provinsi Shandong. Jiaozhou Bay merupakan jembatan lintas laut terpanjang di dunia dengan panjang 42 kilometer atau
26,4 mil.

Pada waktu itu untuk menyelesaikan proyek ini memakan biaya US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 12,8 triliun. Jembatan tol ini ditopang oleh lebih dari 5.000 tiang. Pengerjaan jembatan selesai dalam 4 tahun. Jalan tol ini setiap harinya dilalui oleh 30.000 kendaraan, butuh 30 menit sebuah kendaraan untuk bisa melintasi tol ini.

2. Lake Pontchartrain Causeway

img 
 
Lake Pontchartrain Causeway, di Amerika, adalah sebuah jembatan tol panjang dan terdiri dari dua jalur, yang dibangun di atas danau Pontchartrain, Lousiana, Amerika Serikat, mempunyai panjang 38,4 Km, menghubungkan dua buah kota besar di Amerika.

Bagian Selatan Jembatan ini terhubung dengan kota Metairie, sedangkan bagian utaranya terhubung dengan kota Mandeville. Jembatan Lake Pontchartrain Causeway, selesai dan diresmikan pada tahun 1956, dan diberlakukan sebagai jalan tol.

3. Chesapeake Bay Bridge

img
Jalan tol jembatan ini memiliki panjang 24,140 Km melintasi teluk Chesepake di Maryland Amerika. Jembatan ini menghubungkan pedesaan negara kawasan Pantai Timur dengan Barat Shore lebih perkotaan.

Rentang asli dibuka pada tahun 1952 dan, pada waktu itu, dengan panjang 6,9 km, itu adalah terpanjang terus menerus di dunia diatas air struktur baja. Rentang paralel ditambahkan pada tahun 1973.

4. Jembatan Tol Penang, Malaysia

img
Jembatan Penang merupakan jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di Pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Semenanjung Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas.

Jembatan tol ini dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan landmark Malaysia.

Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau, tarif sekali jalan 5,6 Ringgit.

Mulai 2004, jembatan tol ini  diperluas dari 4 lajur menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat. Kemudian pada 13 Agustus 2009 diresmikan Menteri PU Malaysia Dato’ Shaziman Abu Mansor.

 5. Jembatan Tol Suramadu

img
Jembatan tol Surabaya-Madura (Suramadu) membelah Selat Madura sepanjang 5,4 Km. Jembatan tol ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang , jembatan penghubung dan jembatan utama.

Jembatan tol ini mulai dibangun pada era Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003. Kemudian diresmikan  oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Biaya pembangunan jembatan ini adalah  Rp 4,5 triliun.

Untuk melintasi tol ini pengendara motor dikenakan tarif Rp 3.000, mobil pribadi Rp 30.000, mobil umum sekitar Rp 40.000, dan mobil angkutan barang dengan tonase berat sekitar Rp 60.000 sekali lewat.
Sumber:  detik.com

No comments: